Mandala Wisata Wenara Wana, Cagar Alam Yang Mempesona

2 min read

mandala wisata Wenara Wana atau Sacred Monkey Forest Sanctuary

Mandala Wisata Wenara Wana, Cagar Alam Yang Mempesona. Cagar Alam ini berlokasi di Ubud ini merupakan salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi kala berwisata ke Bali. Selain itu menjadi objek wisata, daerah ini juga menjadi hutan lindung. Bahkan berdiri pula sebuah pura Agung Hindu Bali yang dikenal dengan pura Dalem Agung padangtegal.

Pertama kali memasuki wilayah wisata ini, para wisatawan akan langsung disambut oleh udara segar dan suasana yang asri. Dedaunan yang rindang, pohon yang tumbuh tinggi sudah menyambut sejak area parkir. Tidak heran, sebab selain menjadi Cagar Alam bagi para kera, Wenara Wana juga berfungsi sebagai hutan lindung. Perhatikan juga artikel menarik tentang rekomedasi jasa penulis artikel terpercaya ini ya.

Mandala Wisata Wenara Wana atau yang biasa disebut dengan objek wisata monkey forest terletak sekitar 36 kilometer dari bandara Ngurah Rai. Dan dibuka dari jam delapan hingga jam enam sore hari. Namun sebaiknya datang setelah tengah hari, saat hewan primata tersebut sudah merasa kenyang. Hal ini dilakukan untuk menghindari sikap agresif para monyet.

Di Wenara Wana sendiri ada banyak petugas yang berjaga dan mengawasi lingkungan tersebut. Para petugas berjaga agar kenyamanan para pengunjung tidak terusik dan dapat menikmati suasana menyenangkan saat berlibur. Kebanyakan petugas berasal dari daerah Ubud juga.

Mandala Wisata Wenara Wana, Cagar Alam Yang Mempesona

 

mandala wisata Wenara Wana atau Sacred Monkey Forest Sanctuary
mandala wisata Wenara Wana atau Sacred Monkey Forest Sanctuary

Tips Liburan Di Mandala Wisata Wenara Wana

Pada mandala wisata Wenara Wana ini terdapat enam kelompok kera yang menghuni enam bagian hutan. Diantaranya adalah kelompok hutan baru, timur, michelin dan kelompok kera atau monyet lainnya. Dan masih terbagi lagi oleh beberapa spesies kera yang berbeda. Sama halnya dengan pohon yang berada pada hutan lindung seluas 12,5 km ini. Tidak hanya monyet yang beragam jenis, pohon yang tumbuh pun mencapai 186 spesies yang berbeda.

Setiap bulan lebih dari 100.000 wisatawan yang berkunjung ke monkey forest, sebagian berasal dari wisatawan lokal, sebagian lagi dari mancanegara. Setiap pengunjung akan dikenai tiket masuk, termasuk juga pengunjung anak-anak. Selain itu juga tersedia rute untuk para pengguna kursi roda.

Tips Liburan Di Mandala Wisata Wenara Wana

Meski banyak wisatawan yang berkunjung ke mandala wisata Wenara Wana, tidak ada salahnya untuk tetap mematuhi panduan yang diberikan oleh para petugas. Karena bagaimana pun juga monyet yang berada di hutan ini masih liar dan tidak terduga tingkah lakunya. Berikut tipsberlibur ke monkey forest.

Simpan Barang Berharga Dalam Tas

Sebaiknya barang berharga seperti anting, kalung atau kacamata diamankan terlebih dahulu ke dalam tas. Kamera atau handphone saat memotret juga pegang seerat mungkin, karena monyet cenderut tertarik pada barang yang nampak berkilat atau bercahaya. Sehingga tertarik untuk mengambilnya.

Berjalan Sesuai Rute Yang Telah Ditunjukkan Mandala Wisata Wenara Wana

Jangan pernah melangkah keluar pada rute yang ditentukan oleh petugas. Terlebih lagi memasuki area makan para kera. Ini membuat Anda rawan diserang mereka karena dianggap memasuki wilayah kekuasaan salah satu kelompok kera. Sehingga kelompok mereka menjadi lebih agresif.

Jangan Memukul Atau Memberi Makan Binatang Sembarangan

Kera di mandala wisata Wenara Wana setiap hari selalu mendapat makanan dari para petugas. Selain itu juga dikhawatirkan makanan yang diberikan para wisatawan tidak cocok dengan para kera, yang bisa berakibat fatal. Wisatawan juga dilarang untuk memukul atau menyakiti para kera, baik disengaja maupun tidak.

Pengunjung pun diharap untuk tidak menatap mata kera jantan terus menerus. Secara tidak langsung ini akan dianggap sebagai ancaman bagi kera jantan. Hewan ini bisa bertindak agresif ketika merasa dirinya terancam bahaya. Anak-anak juga harus selalu pengawasan orang tua, agar idak tersesat dalam wilayah Wenara Wana.

Demikian penjelasan mengenai mandala wisata Wenara Wana atau Sacred Monkey Forest Sanctuary yang berada di Ubud, Bali. Semoga artikel pendek ini bisa membantu Anda sebelum berlibur ke daerah tujuan wisata tersebut. Selamat berlibur, jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan tetap asri dengan tidak membuang sampah sembarangan.